Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

UAV Bersama Siswa-Siswi SD Lazuardi, Depok

Cibinong, Berita Geospasial – Informasi Geospasial (IG) merupakan data geospasial yang sudah diolah sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian, demikian bunyi kutipan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial (UU-IG). Berbekal landasan Undang-Undang tersebut ada himbauan untuk mendorong penggunaan Informasi Geospasial (IG) ke dalam penyelenggaraan pemerintahan dan ke dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, diantaranya penerimaan kunjungan dari siswa-siswi, mahasiswa-mahasiswi, maupun masyarakat pada umumnya.

Sebanyak 15 siswa/i SD Lazuardi Depok didampingi 2 orang guru datang berkunjung ke kantor BIG dengan wajah ceria pada hari Selasa, 4 April 2017. BIG menerima mereka di Ruang Rapat Utama, Gedung A lantai 2. Yudi Irwanto dari Pusat Penelitian, Promosi, dan Kerja Sama (PPPKS) BIG didaulat menjadi moderator, sekaligus perwakilan BIG untuk menerima kunjungan siswa/i tersebut. Sedangkan dari SD Lazuardi, Depok diwakili oleh gurunya, Eka mengucapkan banyak terima kasih atas penerimaan kunjungan pada hari itu.

Yudi Irwanto memulai acara dengan presentasi mengenai profil BIG, terlihat para siswa/i ini mencatat informasi yang diberikan dengan sukacita. Presentasi dilanjutkan oleh Aldila Pradhana dari pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT) BIG dengan materi mengenal proses pembuatan peta Rupabumi Indonesia dan jenis-jenis peta yang diproduksi di Indonesia. Pada kesempatan itu ditayangkan pula video kegunaan peta dalam kehidupan sehari-hari. Acara dilanjutkan dengan presentasi dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG) BIG, oleh Adisty Pratamasari. Adisty menjelaskan tentang Ina-Geoportal. Diberikan pula demo tentang bagaimana cara membuka Ina-Geoportal dan menggunduh data peta, yaitu melalui : http:// tanahair.indonesia.go.id. Apalagi di jaman modern ini, tentu para siswa/i sudah tidak asing dengan google ataupun maps.

Pada sesi tanya jawab, para siswa/i ini diberi sejumlah pertanyaan oleh para presenter dan yang berani menjawab dan benar diberikan sejumlah souvenir yang sudah dipersiapkan. Kunjungan diakhiri dengan uji coba penerbangan pesawat UAV yang dipandu oleh Romanio di lapangan BIG. Para siswa/i ini membentuk formasi yang sudah diarahkan dan beberapa dari siswa/i juga diberi kesempatan untuk belajar menerbangkan. (AS/LR)