Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Tua Itu Pasti, Bahagia Itu Pilihan

Cirebon, Berita Geospasial - Menjadi tua adalah sudah menjadi ketetapan, sementara menjadi tua yang mulia adalah pilihan. Itu semua ditentukan oleh pilihan-pilihan sikap yang diambil. Demikian juga dengan menjadi pensiun bagi setiap Aparat Sipil Negara di Badan Informasi Geospasial, menjadi mulia dengan memberikan manfaat dan tetap berkiprah di masyarakat umum menjadi suatu pilihan yang layak untuk dijadikan pilihan.

Beragam respon yang ditunjukkan oleh para ASN BIG ketika mendekati masa pensiun, ada yang sedih karena mau berpisah dengan rekan-rekan kerja yang serasa saudara, takut dan khawatir pemasukan ketika pensiun tidak sebesar ketika masih aktif bekerja, bingung apa yang akan dikerjakan dan beragam sikap yang lainnya. Kesemua itu manusia. Mensikapi fenomena ini, BIG mengadakan kegiatan pembekalan menghadapi Masa Persiapan Pensiun (MPP) yang diselenggarakan di Cirebon pada 21-24 Agustus 2017.

Tepatnya Selasa 22 Agustus 2017 di Hotel Aston Cirebon, sekitar 30 ASN BIG yang akan memasuki MPP dari berbagai bidang kerja di BIG mengikuti beragam pelatihan. Pelatihan tentang motivasi menjadi pensiunan yang sukses dan mulia diisi oleh Sjaiful Hamdi Naumin, trainer dari Kubik Training-Coaching-Consulting. Disampaikan bahwa menjadi tua adalah sebuah keniscayaan. Kekhawatiran-kekhawatiran yang muncul merupakan sebuah kewajaran. Merupakan pilihan untuk terjebak dalam kekhawatiran yang menyengsarakan atau berdamai dan memilih untuk menjalaninya secara bahagia. Jadi intinya, “Tua itu pasti, bahagia itu pilihan”, ungkapnya.

Pembicara kedua Fitriavi Noeriman menjelaskan tentang pengelolaan keuangan ketika MPP. Ada beberapa tips sejahtera saat pensiun; 1. Membuat skala prioritas pengeluaran, 2. Mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, 3. Berdiskusi dengan keluarga agar melakukan hal yang sama, 4. Memilih produk investasi yang bijak dan 5. Melakukan review arus kas tiap tahun.

Pembicara terakhir acara pelatihan MPP ASN BIG di Hotel Aston Cirebon adalah Irzan Nurman. Irzan Nurman yang merupakan seorang dokter spesialis dan mendalami akupuntur.  “Kita harus menjaga tubuh kita kita. Karena dia adalah satu-satunya tempat kita hidup di dunia. Karena itu, tubuh harus dijaga dengan pikiran yang positif, konsumi yang baik dan gaya hidup yang baik pula” tegas Irzam.

Irzam Nurman menyampaikan bahwa berdasarkan penelitian, manusia sekarang bisa hidup sampai usia 120 tahun. Namun karena gaya hidup dan lingkungan yang kotor banyak polusi, kurang gerak dan lain sebagainya, usia itu banyak berkurang. Jika sudah panjang umur, pertanyaan kemudian adalah mau apa? Tentunya tetap memberi manfaat bagi sesama itu menjadi suatu keharusan.

Rangkaian acara pelatihan MPP hari itu menjadi sangat berkesan bagi para ASN BIG yang memasuki MPP. Hal itu terlihat dengan cukup banyaknya pertanyaan dan tanggapan yang disampaikan oleh peserta. Apalagi, para pengisi pelatihan sangat piawai dan berpengalaman dalam membawakan acara. Ada satu pelajaran yang bisa diambil dari rangkain acara pelatihan MPP hari ini, Tua itu pasti, bahagia itu pilihan. (ATM/TR)