Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Pra Rakornas Informasi Geospasial Bidang Informasi Geospasial Tematik Tahap Ke-2

Pasal 1 ayat 4 UU IG No 4 tahun 2011 menyebutkan bahwa Informasi Geospasial (IG) adalah data geospasial yang sudah diolah sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian. Sehubungan dengan pentingnya peran IG bagi proses perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan di berbagai sektor, maka dibutuhkan IG Nasional yang akurat, dapat dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. Sebagian besar tatanan sistem pendukung penyelenggaran IG nasional tersebut sudah terbangun, namun perlu disusun ke dalam suatu kerangka penyelenggaraan IG bersama yang lebih efektif, efisien, dan akuntabel.

Salah satu program kerja Kedeputian Bidang Informasi Geospasial Tematik (IGT) adalah mengimplementasikan kebijakan One Map yang mengacu pada Informasi Geospasial Dasar (IGD) dengan mengoperasionalkan fungsi kelompok-kelompok kerja IGT (antar K/L) secara optimal, untuk menghasilkan IGT yang dapat dipertanggungjawabkan. Pada tahun lalu, program kerja tersebut dituangkan melalui penyelenggaraan 3 (tiga) kali Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek Pokja IGT).

Pra Rakornas IG Bidang IGT Tahap Kedua diselenggarakan untuk menindaklanjuti Pra Rakornas IG Bidang IGT Tahap Pertama yang telah diselenggarakan pada tanggal 17 April 2014. Tema Pra Rakornas IG Bidang IGT Tahap Kedua adalah Terintegrasinya Penyelenggaraan Informasi Geospasial Tematik 2015-2019. Pra Rakornas kali ini mengundang seluruh K/L yang berkepentingan terhadap penyelenggaraan IGT yaitu Kemehut, KemenPU, Kementan, KemenESDM, Kemenakertrans, Kemendagri, KKP, Kemenhub, KPDT, Kemenparekraf, Kemenkopolhukam, BMKG, BNPB, KLH, BPN, LAPAN, BPS, BIN, TNI, POLRI, BNPP, Dishidros, Dittopad, serta Lemsaneg. Peserta dibagi dalam 6 kelompok diskusi menurut tema yang terkait dengan K/L masing-masing. Diskusi dilaksanakan sebagai sarana berbagi informasi antar K/L mengenai rencana penyelenggaraan IGT pada setiap instansi yang terlibat sehingga dapat ditetapkan RPJMN 2015-2019 yang bermanfaat dan saling tersinergi antar K/L.

Tindak lanjut dari Pra Rakornas IG Bidang IGT Tahap Kedua adalah koordinasi lebih lanjut untuk finalisasi rencana penyelenggaraan IGT pada setiap K/L untuk masukan penyusunan  RPJMN 2015-2019 sebagai bahan Rakornas IG yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 – 11 Juni 2014 mendatang.

Informasi Lebih Lanjut:

Kepala Pusat Pemetaan dan Integradi Tematik (PPIT) BIG,

Dr. Suprajaka (spr_jaka@yahoo@com) HP: 0812-8626-240