Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Penandatanganan NKB (MOU) antara BIG dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru dan Penandatanganan PKS antara BIG dengan POLRI, Kota Balikpapan, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Bantul

Selasa, 17 Februari 2014 

 Informasi Geospasial (IG) adalah data tentang lokasi geografis, dimensi atau ukuran, karakteristik objek alam atau buatan manusian yang berada di bawah, pada, atau atas permukaan bumi yang telah diolah. Sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, dan/atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian. IG diselenggarakan berdasarkan asas kepastian hukum, keterpaduan, keterbukaan, kemutakhiran, keakuratan, kemanfaatan, dan demokratis. IG sendiri terdiri atas IG Dasar dan IG Tematik. IG Dasar (IGD) adalah IG yang berisi tentang objek yang dapat dilihat secara langsung atau diukur dari kenampakan fisik di muka bumi dan yang tidak berubah dalam waktu yang relatif lama. Sementara IG Tematik (IGT) adalah IG yang menggambarkan satu atau lebih tema tertentu yang dibuat mengacu pada IGD.

Badan Informasi Geospasial (BIG) merupakan penyelenggara utama IGD di Indonesia sebagaimana tertulis dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial. Dengan tugas dan tanggung jawab yang pokok di bidang IG tersebut mendorong BIG untuk melakukan sosialisasi secara terus-menerus kepada Kementerian/Lembaga (K/L), Pemerintah Daerah, Swasta, serta masyarakat pada umumnya. Hal itu bertujuan untuk mendorong agar penyelenggaraan IG dapat berdaya guna dan berhasil guna. Salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah melalui kerja sama yang dilakukan berbagai pihak terkait dengan BIG.

Kerja sama diperlukan antar instansi dalam menjawab berbagai kebutuhan yang bisa terpenuhi dengan berjalan bersama-sama pihak lain. BIG tentu saja juga melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satu perwujudannya maka pada tanggal 17 Februari 2015 akan dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (NKB) atau Memorandum of Understanding (MoU) antara BIG dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BIG dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), Pemerintah Kota Balikpapan, Pemerintah Kabupaten Klaten, dan Pemerintah Kabupaten Bantul.

Kerja sama antara BIG dengan POLRI, Pemerintah Kabupaten Kotabaru, dan Pemerintah Kota Balikpapan merupakan kerja sama yang pertama kali dibuat antar kedua instansi. Sedangkan kerja sama antara BIG dengan Pemerintah Kabupaten Klaten, dan Pemerintah Kabupaten Bantul merupakan perpanjangan dari kerja sama sebelumnya yang sudah pernah dibuat. Kesepahaman bersama antara BIG dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru meliputi tentang Penyelenggaraan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial di Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan Pedoman Kerja antara BIG dengan POLRI tentang Penyelenggaraan Pengamanan Aset, Penegakan Hukum  dan Informasi Geospasial. Untuk PKS antara BIG dengan Pemerintah Kota Balikpapan terkait penyelenggaraan peta dasar skala 1 : 1.000 untuk mendukung pembangunan dan penyelenggaraan penataan ruang kota Balikpapan.

Sementara untuk Perjanjian Kerja Sama antara BIG dengan Pemerintah Kabupaten Klaten terkait Fasilitasi Pembuatan Unsur Peta Dasar Kabupaten Klaten Skala 1 : 5.000. Perjanjian kerja sama antara BIG dengan Pemerintah Kabupaten Bantul tentang Pemetaan Kemiskinan Berbasis Web di Kabupaten Bantul. Pada acara penandatanganan tersebut akan dilakukan pula demo ina-geoportal sebagai portal IG yang terintegrasi di Indonesia. Pada acara tersebut peserta dapat melihat pula data center BIG yang digunakan untuk berbagi pakai dengan simpul-simpul jaringan yang telah terhubung dengan BIG di seluruh Indonesia.

Penandatanganan akan dilakukan oleh pejabat dari Pemerintahan atau Instansi yang bersangkutan dengan perwakilan dari BIG. Untuk penandatanganan MoU antara BIG dengan Kab. Kota Baru akan dilakukan oleh Sekretaris Utama BIG (Titiek Suparwati) dengan Bupati Kotabaru (H. Irhami Ridjani). Lalu Pedoman Kerja antara BIG dengan POLRI akan ditanda tangani oleh Sekretaris Utama BIG (Titiek Suparwati) dengan ASOPS Kapolri (IrjenPol Drs. Arif Wachyunadi). Sementara penandatanganan PKS antara BIG dengan Pemerintah Kota Balikpapan akan dilaksanakan oleh Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama (PPPKS) BIG (F. Wahyutomo) dan Kepala Bappeda Kota Balikpapan (Nining Surtiningsih). PKS antara BIG dengan Pemerintah Kabupaten Bantul ditanda tangani oleh Kepala PPPKS BIG (F. Wahyutomo) dan Kepala BKK PPKB Kab. Bantul (Djoko Sulasno Nimpuno). Sedangkan penandatanganan PKS antara BIG dengan Pemerintah Kabupaten Klaten diwakili oleh Kepala PPPKS BIG (F. Wahyutomo) dan Kepala Bappeda Kab. Klaten (H. Bambang Sigit Sinugroho).

Melalui kegiatan ini diharapkan kerja sama yang telah terjalin antara BIG dengan instansi lain dapat terjalin dengan baik. Dan di masa depan akan terbentuk lebih banyak lagi kerja sama yang dapat membangun IG agar lebih maju. Sehingga penyelenggaraan IG dapat terintegrasi dengan baik, dan pemanfaatannya dapat dirasakan secara lebih menyeluruh pula.

 

 

Informasi lebih lanjut :

1.    Ir. Sri Lestari Munajati, M.Agr

Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama BIG

T. 021-87908763 | E. lestari.munajati@big.go.id