Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Pupuk Kekeluargaan dan Kebersamaan Melalui Perayaan Natal Bersama

Cibinong, Berita Geospasial - Sebagaimana tertuang dalam dasar negara Indonesia, Pancasila sila-1, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Indonesia adalah negara yang berlandaskan Pancasila, maka hak setiap warga negaranya untuk menjalankan ibadah pun diatur dengan sebaik-baiknya di Undang-Undang. Hal itu juga didukung oleh semboyan negara Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, yang berasal dari bahasa sansekerta. Bila diartikan dalam bahasa Indonesia berarti ‘Berbeda-beda tetapi tetap satu jua’. Maka dari itu Indonesia adalah negara yang menjunjung keberagaman, ada berbagai macam agama, suku, ras, namun tetap bersatu rukun sebagai bangsa Indonesia yang guyub.

Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) pun menjunjung tinggi moto tersebut dalam kesehariannya. Hal itu terlihat dari kebersamaan dan toleransi antar umat beragama di Indonesia yang tinggi. Tidak terkecuali di BIG, setiap pegawainya juga menjunjung tinggi semangat kebhinekaan dalam setiap pekerjaannya. Termasuk ketika perayaan keagamaan tertentu juga diberikan kebebasan bagi setiap pegawainya untuk merayakan.

Pada hari Sabtu, tanggal 14 Januari 2017 yang lalu, dilaksanakan acara Perayaan Natal Bersama Warga Kristiani BIG (WK-BIG). Perayaan Natal ini telah dilaksanakan selama 3 tahun berturut-turut sejak tahun 2014. Di tahun ini perayaan Natal bersama mengambil tema ‘Hendaklah Terangmu Bercahaya’. Tema tersebut diambil dari Kitab Suci yaitu Injil Matius 5 : 16. Melalui tema ini diharapkan para WK-BIG yang setiap hari mengabdi di BIG dapat melaksanakan kebaikan dalam melaksanakan segala tugas dan tanggung jawabnya.

Acara perayaan natal bersama dilaksanakan di Aula Utama BIG, Cibinong, mulai pukul 17.00 WIB – selesai. Sebelum dilaksanakannya perayaan natal bersama, beberapa waktu sebelumnya para panitia pelaksana dan pengurus WK-BIG melakukan audiensi dengan Kepala BIG yang baru, Hasanuddin Z. Abidin. Pada pertemuan itu hadir pula Sekretaris Utama BIG, Titiek Suparwati. Hasanuddin menyampaikan bahwa Ia sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan perayaan natal bersama ini. “Semoga persaudaraan dan kerukunan antar umat beragama di BIG dapat terus terjalin dengan baik”, ungkapnya. Audiensi ini diharapkan dapat memupuk semangat kebersamaan antar seluruh pegawai di BIG. Namun sayangnya, Kepala BIG dan Sekretaris BIG keduanya berhalangan hadir pada acara perayaan natal bersama tersebut karena ada kesibukan.

Selain merayakan natal bersama melalui ibadah, para WK-BIG juga melaksanakan kegiatan bhakti sosial. Kegiatan bhakti sosial ini telah dilaksanakan WK-BIG sejak tahun sebelumnya, dan harapannya akan terus berlanjut sampai tahun berikutnya. Kali ini bhakti sosial dilaksanakan di ‘Yayasan Mulia Kasih Simalem’, Cibinong. WK-BIG menyumbangkan berbagai barang yang telah dikumpulkan sebelumnya seperti : pakaian layak pakai, sembako, buku tulis, buku bacaan, dan peralatan sekolah lainnya. Selain diberikan juga donasi berupa dana kepada yayasan tersebut. Tak lupa mereka juga diundang ke perayaan natal bersama di Kantor BIG.

Pada acara ini hadir pula para purnabhakti BIG yang turut merayakan natal seperti : R. W. Mathindas, Henny Liliwaty, Al Sutanto, dan lain-lain. Dalam sambutannya Ketua WK-BIG, Yosef Dwi Sigit Purnomo menyampaikan terima kasihnya kepada para panitia yang telah berupaya agar terselenggaranya acara perayaan natal ini. “Semoga perayaan natal ini semakin bermakna bagi kita semua”, ungkapnya.

Menyambung kemudian adalah sambutan dari pembina WK-BIG sekaligus perwakilan dari BIG adalah Antonius Bambang Wijanarto. Disampaikan bahwa sangat penting bagi WK-BIG untuk membina keluarga yang baik dan menjadi pelayan yang baik bagi keluarga. Selain itu juga bagaimana bisa berkumpul bersama disini sebagai persatuan. “Iman yang paling tinggi adalah bisa melayani sesama tanpa peduli siapa mereka. Di era Reformasi Birokrasi ini kita dituntut untuk mempunyai jiwa yg saling melayani, kaitannya dengan menjadi terang dan garam dunia. Kita berkumpul untuk menjadi pelayan sesama kita”, terang Antonius.

Ketua Panitia penyelenggara perayaan natal bersama, Sartika Oktavia Br Karo turut menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah terlibat, baik pendeta pelaksana, seluruh WK-BIG, para purnabhakti yang hadir, para donatur, serta seluruh panitia yang juga telah bekerja keras untuk terselenggaranya acara perayaan natal bersama ini. Sartika juga menyampaikan harapannya agar pertemuan WK-BIG bisa terus berjalan untuk menjaga persekutuan dan tali kekeluargaan diantara para anggotanya. Melalui kegiatan ini diharapkan rasa kekeluargaan dan kekompakan diantara para warga BIG bisa terjalin dengan baik, tanpa memandang latar belakangnya, sebagaimana semboyan Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. (LR)