Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Program Studi Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan Kunjungi BIG

Cibinong, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial (BIG) selalu membuka diri untuk mendapat kunjungan dari  berbagai  Kementerian/Lembaga (K/L), Instansi atau  Perusahaan, Universitas, Sekolah Menengah  Atas  atau  Sekolah Menengah Kejuruan, Sekolah Menengah Pertama, bahkan berbagai Sekolah Dasar.  Hal ini sejalan dengan salah satu tugas utama BIG, yaitu sebagai pembina penyelenggaraan Informasi Geospasial (IG) di Indonesia. Salah satu aktualisasi dalam hal pembinaan terkait IG adalah menerima kunjungan mahasiswa, salah satunya adalah kunjungan dari mahasiswa Universitas Pakuan Bogor. Sebanyak 25 orang mahasiswa dan 2 dosen pendamping dari Program Studi Geodesi, Fakultas Teknik mengadakan kunjungan ke BIG.

Kegiatan kunjungan mahasiswa Universitas Pakuan ini diterima oleh Sri Lestari Munajati Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama beserta tim di Ruang Rapat Utama Gedung A lantai 2 BIG pada Selasa, 2 Mei 2017.  Lestari menjelaskan bahwa hubungan Universitas Pakuan (Unpak)  dengan BIG sudah cukup dekat, sejak waktu Rektor Unpak Prof. Rubini Atmawidjaja sebelum tahun 2000, hingga saat ini banyak para Dosen Prodi Geodesi berasal dari Bakosurtanal/BIG.  Untuk itu perlu terus dipererat hubungan keduanya melalui berbagai kegiatan yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Sementara itu, Dosen Unpak Bogor, Dessy Apriyanti menjelaskan bahwa kunjungan ini ditujukan untuk menimba ilmu tentang informasi geospasial di BIG, termasuk di dalamnya manfaat informasi geospasial dan perkembangan pemetaan dasar di Indonesia. Selanjutnya Lestari menjelaskan tentang BIG secara global, yang dipaduserasikan oleh moderator Romanio Bahama dengan apiknya.  Diharapkan dengan dilaksanakannya kunjungan ini, maka kegiatan penyelenggaraan IG, dengan berbagai aktivitas pendukungnya dapat menambah wawasan bagi mahasiswa.  Juga dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan awal ilmu kebumian, pendalaman pengetahuan dan meningkatkan pengetahuan mengenai IG. Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 4 Tahun 2011 disebutkan bahwa BIG wajib mendorong penggunaan IG dalam penyelenggaraan pemerintahan dan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Kunjungan ini juga menjadi salah satu alat bagi BIG untuk melakukan promosi ke masyarakat pada umumnya.

Paparan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai proses pembuatan peta Rupa Bumi Indonesia oleh Arga Geofana dari Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT) BIG. Arga menjelaskan tentang proses pemetaan RBI, dimana didalamnya terdapat 8 unsur-unsur peta yang disebut juga sebagai layer yaitu garis pantai, hipsografis, hidrografis,  jaringan jalan, , toponim (nama geografis), batas wilayah, transportasi dan utilitas, bangunan dan fsilitas umum, dan penutup lahan.

Selanjutnya kunjungan ditutup dengan pemaparan tentang proses berbagi pakai IG melalui portal kebumian : Ina-Geoportal oleh Wendra, Staf Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG) BIG. Pada akhir kunjungan, peserta diajak untuk foto bersama dan mengunjungi Sentra Peta BIG serta Labotarium Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim dan Perpustakaan BIG, dimana mereka mendapat bekal ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan IG ke depannya sebagai generasi penerus bangsa.  Sebagai bahan bacaan, kepada Unpak Bogor, BIG menyerahkan beberapa buku produk BIG dan Peta NKRI yang dapat dipasang di Kampus Unpak agar mahasiswa lebih cinta kepada tanah airnya. (TN/LR/TR)