Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Madrasah Tsanawiyah Negeri 32 Jakarta Kunjungi BIG

Untuk mengenal lebih jauh tentang Informasi Geospasial (IG), sebanyak 150 Siswa/i Madrasah Tsnawiyah (MTs) Negeri 32 Jakarta mengunjungi Badan Informasi Geospasial (BIG). BIG sebagai pembina dan penyelenggara IG di Indonesia, dalam hal pembinaan IG, BIG wajib melakukan pembinaan terkait IG pada berbagai kalangan, termasuk memberikan pengetahuan terkait IG kepada para pelajar.

Pada kunjungan ke BIG, hari Kamis, 30 Maret 2017,  para Siswa/I MTs Negeri 32 Jakarta diberikan pelajaran pengetahuan tentang IG oleh para nara sumber dari Pusat/Biro dilingkungan BIG yang telah dipilih. Dengan dimoderatori Akbar Hiznu M., kegiatan kunjungan dimulai dengan pengenalan tentang BIG secara keseluruhan oleh Akbar. Sebelumnya Pembimbing dari MTs Negeri 32 menyampaikan bahwa maksud dan tujuan ke BIG adalah untuk menambah wawasan terkait IG atau peta secara umum, baik bagi para siswa/I maupun para guru pembimbing.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan pertama, oleh Bayu Triyogo (dari Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika/PJKGG), paparan ini menjelaskan tentang Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika, termasuk Stasiun Pasang-Surut (Pasut) yang dimiliki BIG. Para siswa dengan serius mendengarkan penjelasan dari narasumber. Bila tidak jelas, di akhir paparan ada sesi tanya jawab, dimana siswa yang berani bertanya atau berhasil menjawab pertanyaan dari narasumber mendapatkan souvenir yang menarik dari BIG.

Presentasi kedua adalah tentang Survei Hidrografi, yang dibawakan oleh Anggi Trianasari (Pusat Pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai/PKLP). Anggi menjelaskan tentang proses pembuatan Peta Lingkungan Laut Nasional dan Peta Lingkungan Pantai Indonesia yang dihasilkan BIG. Selain Produk Kelautan dan Lingkungan Pantai, Anggi juga memberikan pengetahuan tentang Proses dan Peralatan apa yang digunakan untuk pemetaan Kelautan dan Lingkungan Pantai. Termasuk bagaimana cara pemetaan yang dilakukan di BIG di laut/pantai.

Paparan ke 3 mengenai Ina-Geoportal dengan narasumber, Nur Aliyah dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial/PPIG. Pada paparannya Aliyah menjelaskan tentang Portal Kebumian yang dimiliki Pemerintah Indonesia yaitu Ina-Geoportal. Pada Ina-Geoportal, Kita dapat berbagi pakai informasi geospasial. Portal ini juga merupakan bahan ajar bagi para siswa untuk belajar lebih banyak tentang IG.

Setelah mendapatkan informasi tentang IG, kemudian para siswa/i diajak untuk belajar tentang penggunaan pesawat UAV untuk pemetaan. Acara bertempat di lapangan Kantor BIG, dengan dipandu oleh Muhammad Haidar dari Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik (PPIT) BIG. Para siswa/i belajar mengenal tentang pemotretan udara dengan pesawat UAV langsung dilapangan.  Sebelumnya BIG juga memberikan cinderamata berupa produk BIG kepada perwakilan dari MTs Negeri 32 Jakarta. Semoga kegiatan kunjungan ini bisa menambah ilmu para siswa/i, serta meningkatkan kecintaan generasi muda Indonesia terhadap peta. (YI/LR)