Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Lomba Cerpen Geospasial Meningkatkan Kreatifitas Atas Pengetahuan Geospasial Remaja

Antusiasme para siswa seluruh Indonesia dalam mengikuti Lomba Menulis Cerpen yang diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial sangat tinggi. Sebanyak 70 siswa/i SMP dan 116 siswa/i SMA terdaftar sebagai peserta Lomba Menulis Cerpen Geospasial "Peta untuk Remaja Indonesia". Lomba menulis cerpen kali ini diadakan BIG dalam rangkaian acara memperingati Hari Informasi Geospasial ke-47, 17 Oktober 2016.

Setelah melakukan seleksi tahap satu, 186 naskah terpilih untuk diseleksi oleh juri dari BIG dan pihak luar. FGD Penilaian Lomba Menulis Cerpen dilakukan di Ruang Rapat Gedung C: Pusat Penelitian, Promosi dan Kerjsama pukul 09.00-15.00 WIB. Juri lomba kategori SMP adalah Prof. Dr. Fahmi Amhar, Irmadi Nahib, Dewi Reika, Shinta Handini. Sedangkan juri lomba kategori SMA adalah Prof. Dewayany Sutrisno, Dadan Ramadhan, Tri Fajar S, dan Asri Rahmawati. Kriteria yang dinilai dari lomba ini adalah kesesuaian judul dengan tema, daya pikat judulnya, struktur, pengisahan dan bahasa, seperti kekuatan kisah dan hal-hal yang menguatkan cerita dan terpenuhinya aspek struktur ekstrinsik dan intrinsik cerita. Lalu untuk isi cerita, dinilai juga mengenai makna dan pesan yang disampaikan termasuk nilai-nilai kehidupan/budaya yang ditawarkan, serta keaslian isi cerita (originalitas) dan aspek lain yang memperlihatkan adanya inovasi.

Pengetahuan geografi yang dikombinasikan dengan kreatifitas imajinasi remaja SMP dan SMA ini melahirkan banyak sekali cerita-cerita kreatif yang siswa-siswi buat. Tak dipungkiri dalam menilai setiap naskahnya, para juri merasa banyak sekali naskah yang baik dan seru serta sulit untuk dipilih yang terbaik dari yang terbaik. Hasilnya terpilihlah 10 naskah cerpen terbaik dari kategori SMP dan 10 naskah kategori SMA. (ME)