Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Kota Paguntaka Menjadi Destinasi Kedua Roadshow Geospasial BIG Tahun 2017

Tarakan, Berita Geospasial - Dalam rangka memperkenalkan Informasi Geospasial (IG) dan Badan Informasi Geospasial (BIG) kepada kalangan akademisi, Kota Tarakan, Kalimantan Utara yang dikenal sebagai Kota Paguntaka menjadi kota kedua diselenggarakannya Roadshow Geospasial. Sebelumnya roadshow geospasial diselenggarakan di SMK Negeri 2 Bogor.

Roadshow Geospasial yang diadakan pada Selasa 9 Mei 2017 memilih lokasi SMA Negeri 1 Tarakan. Bertempat di Auditorium SMA Negeri 1 Tarakan, kegiatan tersebut diikuti oleh lebih dari 150 orang peserta dari Siswa SMA Negeri 1 Tarakan, dan perwakilan-perwakilan SMA di wilayah Tarakan. Hadir pula para Guru Geografi yang mendampingi para siswanya.

Pemberian ice breaking dilakukan sebagai pembuka acara roadshow untuk memecahkan kekakuan dan membuat para peserta konsentrasi. Pada sesi ini, peserta yang berani untuk menjawab pertanyaan akan diberikan hadiah berupa souvenir BIG oleh host acara Dian Ardiansyah dan Maslahatun Nashiha.

Acara inti dimulai dengan sambutan dan arahan oleh Wiwin Ambarwulan, Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama BIG. Ucapan alhamdulillah dan terima kasih disampaikan oleh Wiwin kepada Pihak SMA Negeri 1 Tarakan yang sudah bersedia memfasilitasi BIG dalam melaksanakan kegiatan Roadshow Geospasial. Selanjutnya Wiwin memberikan penjelasan mengenai profil BIG kepada para peserta. Wiwin juga berharap agar para peserta memiliki minat di bidang informasi geospasial (IG), karena IG sangat dibutuhkan dalam pembangunan Indonesia.

Sementara itu Arinda Susanti, Kepala SMA Negeri 1 Tarakan, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan BIG dan memilih SMA Negeri 1 Tarakan sebagai lokasi roadshow di Kalimantan Utara. Arinda menyampaikan bahwa peserta acara tidak hanya berasal dari SMA Negeri 1 Tarakan, tetapi juga dari SMA lain di wilayah Tarakan, dengan harapan Informasi Geospasial yang semakin tersebar luas di khususnya di Kota Tarakan dan Kalimantan pada umumnya. Arinda juga berharap dengan dilaksanakannya acara Roadshow Geospasial ini, siswa bisa lebih mengenal BIG serta menyukai Geografi, tidak hanya sebagai mata pelajaran wajib di sekolah. Acara roadshow resmi dibuka oleh Arinda, dan dilanjutkan dengan penyerahan peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Atlas Nasional Indonesia (ANI), serta buku-buku geospasial lainnya dari BIG untuk perpustakaan sekolah.

Yang menarik dalam acara roadshow ini, hadir salah satu alumnus SMA Negeri 1 Tarakan, Panji Agung, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bidang Prasarana dan Pengembangan Wilayah, Bappeda dan Litbang Provinsi Kalimantan Utara. Panji mengisahkan kembali pengalamannya selama mengenyam pendidikan di SMA Negeri 1 Tarakan. Selain itu, Panji juga memberikan motivasi kepada para peserta untuk terus giat belajar dan fokus meraih cita-cita.

Selanjutnya, disampaikan beberapa materi tentang penyelenggaraan informasi geospasial oleh BIG. Paparan pertama diberikan oleh Wildan Firdaus, Staf Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim (PPRT). Wildan menjelaskan secara singkat bagaimana pemetaan skala besar dilakukan oleh BIG dan wilayah mana saja yang sudah dipetakan. Paparan dilanjutkan oleh Reni Mujiandari, Staf Pusat Pemetaan dan Integrasi Tematik (PPIT), yang memberikan paparan singkat mengenai Rapid Mapping. Reni menjelaskan bahwa Rapid Mapping biasa digunakan untuk pemetaan kebencanaan dengan teknologi drone atau UAV. Prinsip Rapid Mapping adalah cepat, efisien, akurat, objektif. Dengan adanya Rapid Mapping bisa dilihat perbandingan wilayah sebelum dan setelah terjadinya bencana.

Materi selanjutnya adalah Ina-Geoportal sebagai paparan terakhir disampaikan oleh Agung Nugraha, Staf Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG). Agung menjelaskan bahwa Ina-Geoportal atau disebut Indonesia Geospatial Portal, merupakan portal nasional milik negara Indonesia yang diinisiasi oleh BIG, berisi data resmi Pemerintah. Dengan Ina-Geoportal setiap Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah bisa menerapkan sistem berbagi pakai data IG dengan cepat dan mudah. Ina-Geoportal bisa diakses di web: http://tanahair.indonesia.go.id ini, sudah bisa diunduh di Playstore dan AppleStore sehingga bisa digunakan di Android dan iOS. Para siswa yang mempunyai tugas Geografi dapat memanfaatkan Ina-Geoportal untuk mendapatkan data dan informasi geospasial.

Untuk membuat acara lebih menarik dan peserta lebih semangat, pemberian materi paparan diselingi games dengan hadiah berupa souvenir BIG seperti topi, gantungan kunci dan buku. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya peserta yang ikut berpartisipasi pada sesi diskusi. Selain pemberian materi di dalam kelas, dilakukan pula kegiatan outdoor. Kegiatannya antara lain display dan demo terbang drone, display stereoplotting peta 3D, display produk geospasial dan demo Ina-Geoportal.

Di akhir acara, peserta diminta untuk melakukan swafoto atau selfie di depan backdrop NKRI dan mengunggahnya ke media sosial Twitter dan Instagram, dengan mention ke akun Twitter BIG atau tag akun Instagram BIG @infogeospasial. Bagi peserta yang telah berfoto dan mengunggah ke media sosial akan mendapatkan hadiah. (NH/TR)