Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Katalog Fitur Dataset Fundamental

Katalog fitur dataset fundamental dimaksudkan untuk digunakan oleh seluruh pelaku usaha yang memproduksi, mendistribusikan, maupun yang menggunakan data geospasial, baik data geospasial saja maupun data geospasial yang dikaitkan dengan data non-geospasial. Cakupan penggunaan katalog ini meliputi sistem informasi geografis, sistem yang mendukung pengambilan keputusan, data untuk pemodelan, perencanaan sumber daya dan manajemen, otomatisasi pemetaan, dan geo-engineering.

Katalog ini merupakan suatu sistem yang berisi fitur dan atribut yang dapat digunakan oleh produsen dan pengguna informasi geografis dalam membangun struktur data spasial. Tujuan penyusunan katalog fitur dataset fundamental adalah untuk mempermudah terwujudnya penggunaan data bersama maupun pertukaran data antara produsen dan pengguna data spasial.

Katalog fitur memuat seluruh dataset fundamental yang termuat dalam duabelas kategori, yaitu Referensi Spasial, Batas Wilayah, Transportasi, Hidrografi, Hipsografi, Vegetasi, Lingkungan Terbangun, Utilitas, Geologi, Tanah, Toponimi, dan Dataset Khusus.

Katalog fitur dataset fundamental ini disusun oleh instansi pusat yang mengelola data spasial sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 85 Tahun 2007 tentang Jaringan Data Spasial Nasional dan dikoordinasikan oleh Pusat Pengeloaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial, Deputi Bidang Infrastruktur Informasi Geospasial, Badan Informasi Geospasial. Dokumen ini masih dalam tahap draf awal sehingga masih banyak perbaikan yang perlu dilakukan. Kami mengharapkan saran dan masukan yang membangun demi kesempurnaan penyusunan katalog ini.

Download Katalog Fitur :

1. Buku-1-Katalog fitur FDS-September

2. Buku-2-Katalog fitur dataset fundamental-September

3. FDS 2010-sept