Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Ekosistem Mangrove Pulau Togean

Luas hutan mangrove di Indonesia belum ada kesepakatan, namun berbagai forum digunakan angka 4,25 juta ha. Terjadinya pengurangan luas hutan mangrove umumnya disebabkan oleh pemanfaatan dan pengalihan peruntukan. Pada kira-kira 9 tahun yang lalu, luas hutan mangrove di Indonesia 4,13 juta ha, kini tinggal 2,49 juta ha (60%). Dari sisa ini, 58% di antaranya terdapat di Irian Jaya (Papua) dan hanya 11% di Jawa.

Neraca ekosistem mangrove merupakan suatu informasi yang dapat menggambarkan sebaran cadangan ekosistem mangrove, pengurangan dan penggunaan ekosistem mangrove, sehingga pada waktu tertentu dapat diketahui kecenderungannya, apakah surplus atau defisit. Hal ini berguna sebagai alat monitoring sehingga dalam upaya memanfaatkannya dapat diimbangi dengan perlindungan dan konservasi.

Mengingat pentingnya fungsi ekologis dan ekonomi dari ekosistem mangrove, maka tantangan yang dihadapi oleh penentu kebijakan adalah bagaimana memberikan nilai komprehensif terhadap ekosistem mangrove itu sendiri.