Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Launching Baju Bagian Umum Tuk Tingkatkan Pelayanan Publik Dasar

Dalam rangka memperbaiki dan membangun karakter bangsa Indonesia yang berbudi luhur dengan berlandaskan pada Pancasila, pemerintahan Presiden Joko Widodo mencanangkan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) sebagaimana tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang GNRM pada tanggal 6 Desember 2016. GNRM tersebut mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong untuk membangun budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju, makmur, dan sejahtera. Berdasar Inpres tersebut, ada 5 program GNRM yang meliputi : Program Gerakan Indonesia Melayani, Program Gerakan Indonesia Bersih, Program Gerakan Indonesia Tertib, Program Gerakan Indonesia Mandiri, dan Program Gerakan Indonesia Bersatu.

Menurut Inpres tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PANRB) mengkoordinasikan Program Gerakan Indonesia Melayani dan bertanggung jawab atas terwujudnya perilaku Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara yang melayani. Sementara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko-Maritim) mengoordinasikan Program Gerakan Indonesia Bersih dan bertanggung jawab atas terwujudnya perilaku masyarakat Indonesia yang bersih. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko-Polhukam) mengkoordinasikan Program Gerakan Indonesia Tertib dan bertanggung jawab atas terwujudnya perilaku masyarakat Indonesia yang tertib. Lalu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko-Ekon) mengkoordinasikan Program Gerakan Indonesia Mandiri dan bertanggung jawab atas terwujudnya perilaku masyarakat Indonesia yang mandiri. Dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengkoordinasikan Program Gerakan Indonesia Bersatu dan bertanggung jawab atas terwujudnya perilaku masyarakat Indonesia yang bersatu.

GNRM tersebut wajib dilaksanakan oleh semua Kementerian/Lembaga serta Pemerintahan Daerah yang ada di Indonesia. Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) pun berkewajiban untuk melaksanakan GNRM tersebut. Maka dari itu, sepanjang tahun 2017 ini BIG akan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka mendukung GNRM. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh berbagai unit-unit teknis yang ada di BIG secara bergantian.

Salah satunya pada tanggal 13 Maret 2017 yang lalu, BIG melaksanakan launching baju seragam untuk meningkatkan Pelayanan Publik dan Revolusi Mental bagi Bagian Umum, Biro Umum dan Keuangan (UK), bertempat di lapangan kantor BIG, Cibinong. Acara launching ini dipimpin oleh Titiek suparwati, Sekretaris Utama BIG, dengan dihadiri oleh Kepala Biro UK, Ali Nor Hidayat; Erna Haryani, Kepala Bagian Umum, serta seluruh staf bagian umum. Acara launching baju seragam dilaksanakan dalam rangka menerapkan semangat yang baru lewat baju seragam baru.

Dalam sambutannya Titiek menyampaikan agar launching baju seragam ini menjadi pendorong dan semangat baru bagi para staf di bagian umum, sebagaimana moto Reformasi Birokrasi BIG, yaitu ‘BIG Bangkit dan Terbarukan’. “Hari ini kita melaksankan peningkatan pelayanan dasar yang dilakukan oleh bagian umum, namun harapannya bukan untuk bagian umum saja, tetapi untuk seluruh pelayanan di BIG”, tutur Titiek. Baju seragam tersebut berwarna orange untuk seluruh staf bagian umum, mulai dari bagian diesel, air, listrik, telepon, protokol, dan lain-lain, sementara untuk supir BIG mendapatkan baju seragam berwarna biru tua untuk dipergunakan.

“Harapannya bapak dan ibu sekalian tetap semangat untuk meningkatkan pelayanan publik sebaik-baiknya di tahun 2017 ini, lebih baik dari sebelumnya. Tetap semangat, kompak, saling bantu, dan tuntas melaksanakan pekerjaannya secara ikhlas”, demikian disampaikan Titiek. Tak lupa diungkapkan pula agar dengan adanya launching baju seragam ini bisa lebih meningkatkan kinerja dan pelayaan dasar untuk BIG dengan semangat tinggi.

Disampaikan pula kepada para peserta pesan dari Kepala BIG, Hasanuddin Z. Abidin agar para staf bagian umum yang hari ini melaksanakan launching baju seragam dapat fokus kepada tugas masing-masing. “Karena pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal. Kalau kita sudah memberikan pelayanan yang baik, pasti akan memberi manfaat bagi kita, sekali lagi fokuslah kepada pelayanan”, tandas Titiek menyampaikan pesan dari Kepala BIG. Acara hari itupun ditutup dengan foto bersama antara Sekretaris Utama BIG dengan seluruh peserta yang hadir. Semoga baju seragam baru ini bisa meningkatkan kinerja para pegawai BIG, terutama yang melaksanakan pelayanan dasar, hingga bisa menular ke seluruh BIG dengan semangat tinggi. (TN-LR)