Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Kirim 6 Gambar ke Lomba Gambar Peta Untuk Anak Internasional ICA

Cibinong. Berita Geospasial - Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang informasi geospasial (IG) untuk anak, Badan Informasi Geospasial (BIG) menyelenggarakan Lomba Gambar Peta Untuk Anak tingkat Nasional tahun 2017 dengan tema “We Love Map” atau “Kita Cinta Peta,  tema ini merujuk pada tema Lomba Gambar Internasional memperebutkan Barbara Petchenik Award yang diadakan oleh Internasional Cartographic Asociation (ICA).  Lomba Gambar Peta untuk anak ini terdiri dari 4 Kategori diantaranya Kategori A (<6 tahun), Kategori B (6–8 tahun), Kategori C (9-12 tahun) dan kategori D (13-15 tahun). Adapun 6 Pemenang Utama pada lomba gambar tingkat nasional ini akan dikirimkan ke lomba gambar tingkat internasional ICA di Wahington DC USA.

Pelaksanaan lomba gambar ini adalah dilakukan ditempat masing-masing peserta, selanjutnya peserta mengirim hasil karyanya ke Sekretariat Lomba Gambar Peta untuk anak di Kantor BIG, Cibinong. Lomba Gambar Peta Untuk Anak ini diharapkan dapat memberikan gambaran sejak dini tentang IG, khususnya peta, bagi anak-anak, sehingga menumbuhkan rasa cinta tanah air; selain itu juga untuk meningkatkan pengetahuan, ide dan kreativitas anak-anak tentang IG; serta dalam rangka meningkatkan daya saing anak-anak. Kegiatan Lomba gambar Peta untuk Anak tingkat Nasional ini dimulai Sejak Desember 2016 dengan  mengirimkan brosur tentang lomba ini ke seluruh Indonesia. Selain itu pengumuman tentang lomba gambar peta melalui Website BIG dan Website Detik dan membagikan brosur di stand pameran IG di berbagai wilayah Indonesia.

Pelaksanaan Juri Nasional dilakukan di Hotel Santika Taman Mini Jakarta pada tanggal 14-16 Maret 2017. Juri Nasional terdiri dari perwakilan dari BIG dan juri dari luar BIG. Juri Nasional dari BIG adalah Kepala Biro Perencanaan Kepegawaian dan Hukum (PKH), Wahyutomo dan Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerjasama, Wiwin Ambarwulan. Juri Nasional  dari luar BIG adalah para pengajar Seni dari berbagai institusi di Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut : Riadika Mastra (Universitas Pancasila), Dodi Achmad Nawawi (Institut Teknologi Bandung), Suwarno (Institut Seni Indonesia, Yogyakarta), Saut Miduk Togatorop (Institut Kesenian Jakarta).

Berdasarkan gambar yang diterima panitia, jumlah peserta lomba gambar tahun 2017 ini adalah 665 yang mewakili 31 Provinsi di Indonesia terdiri dari Kelompok A (<6 tahun) : 64 gambar,  Kelompok B (6–8 tahun) : 179 gambar, Kelompok C (9-12 tahun) : 260 gambar, Kelompok D (13-15 tahun): 78 gambar. Dari jumlah tersebut, 581 gambar dilakukan penjurian, sedangkan sisanya sebanyak  gambar dianulir karena tidak dilengkapi dengan identitas lengkap dan tidak memenuhi persyaratan administratif. Dari hasil penilaian dan perhitungan tersebut diatas gambar-gambar yang telah melalui  penjurian tahap I (Internal),  jumlah gambar yang lolos penilaian Tim Juri Internal sebanyak 245 gambar yang terdiri dari: Kelompok A (30 gambar), B (75 gambar), C (100 gambar) dan D (40 gambar). Selanjutnya 245 gambar ini masuk pada tahap penjurian Nasional yang dilakukan Juri Nasional di Hotel Santika Jakarta.  Penjurian nasional akan menilai 245 gambar dengan metode visual dengan memilih gambar sesuai kreteria penilaian untuk menghasilkan atau menentukan 6 gambar pemenang utama, 10 gambar kelompok A, 7 gambar kelompok B, 8 gambar kelompok C dan 9 gambar kelompok D. Serta 6 gambar untuk pemenang utama.

Setelah ditentukan kandidat pemenang, untuk menguji keaslian gambar, maka dilakukan uji verifikasi terhadap calon kandidat pemenang. Uji verifikasi  dilakukan diberbagai wilayah asal kandidat pemenang diantaranya kandidat Jambi, Kediri, Yogyakarta, Magelang, Temanggung, Bandung, Bekasi, Bogor dan Jakarta. Pengumuman Pemenang dilakukan melalui Website BIG. Sementara itu, 6 gambar pemenang utama adalah : Kenya Kusuma Dewi (Kel.A/Kediri), Hasna Hafisah Hapsari (Kel.B/Sleman Yogyakarta), Aqilah Syaznina Marshati (Kel.B/Magelang), Salya Richita Susanto (Kel.C/Jambi), Sharren Darlenne Nathania (Kel.C/Bandung),  Adelia Nurdianti (Kel.D/Jakarta).

Ke-6 gambar pemenang utama ini dikirim ke Sekretariat ICA di Belanda. Dari Sekretariat ICA di Belanda gambar akan dibawa ke Washington DC, USA untuk dilombakan pada lomba gambar internasional yang diselenggarakan ICA memperebutkan Barbara Petchenik Award. Pelaksanaan penjurian di Washington DC , USA dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan pertemuan anggota ICA dari seluruh dunia pada bulan Juli 2017. Semoga gambar dari Indonesia bisa mendapat tempat atau juara di Washington DC, USA tersebut, sehingga mengharumkan Indonesia di kancah Internasional. (YI/LR)