Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Gelar Pameran Informasi Geospasial di Indogreen Forestry Expo

Jakarta, Berita Geospasial - Informasi Geospasial (IG) sangat diperlukan dalam setiap pengambilan keputusan di berbagai bidang, terutama sebagai data dukung yang akurat dan mumpuni. Tak terkecuali terkait penyelenggaraan pemantapan kawasan hutan dan lingkungan hidup berkelanjutan, konservasi sumberdaya alam (SDA) dan ekosistemnya, peningkatan daya dukung daerah aliran sungai (DAS) dan hutan lindung, pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan, serta pengendalian perubahan iklim. Dalam rangka mendukung pelestarian lingkungan, penyelamatan hutan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya fungsi hutan bagi kehidupan manusia serta menyebarluaskan IG khususnya tematik terkait kehutanan, Badan Informasi Geospasial (BIG) berpartisipasi pada pameran 9th Indogreen environment Forestry 2017. Pameran yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono pada hari Kamis, 13 April 2017 yang lalu.

Pameran yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta tanggal 13 – 16 April 2017 ini diikuti oleh 98 peserta dari berbagai Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, Lembaga Penelitian, Perusahaan Kehutanan, Pertambangan, Lembaga Swadaya Masyarakat, sektor Kehutanan dan Lingkungan Hidup, serta 30 Taman Nasional di Indonesia juga hadir memberikan edukasi dan informasi tentang Keindahan Taman Nasional.

Pada sambutannya, Sekretaris Jenderal KLHK, Bambang Hendroyono mengatakan, tujuan penyelenggaraan pameran ini adalah untuk mensosialisasikan program pemerintah di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Bambang berharap dengan diselenggarakannya pameran Indogreen environment Forestry 2017 ini akan meningkatkan perhatian masyarakat pada pelestarian lingkungan dan hutan Indonesia. Hendroyono berharap pameran ini dapat mendukung peningkatan kesadaran masyarakat untuk terus melestarikan hutan dan menjaga lingkungan. Selain kegiatan pameran, pada acara ini juga diadakan presentasi atau talkshow, bedah buku, serta pembagian bibit pohon kepada pengunjung pameran.

Pada pameran ini, BIG menampilkan infografis terkait Kebijakan Satu Peta (KSP), termasuk di dalamnya Peta Tutupan Lahan, juga ditampilkan infografis tentang Informasi Geospasial Dasar (IGD) dan Informasi Geospasial Tematik (IGT), serta portal untuk berbagi pakai data dan IG (Ina-Geoportal), selain itu ditampilkan pula berbagai produk unggulan berupa buku dan atlas terkait IG, serta berbagai merchandise BIG.

Pengunjung pada pameran ini terdiri dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, Peneliti, Mahasiswa dan pelajar serta masyarakat umum. Pada pameran ini para poemandu stand BIG memberikan informasi dan penjelasan tentang tugas dan fungsi BIG, serta penjelasan tentang proses pemetaan. Selain itu, pengunjung stand BIG juga mendapatkan penjelasan tentang tugas BIG pada program KSP, dimana BIG sebagai koordinator dari program prioritas pemerintah ini yang melibatkan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia. Semoga melalui kegiatan pameran seperti ini dapat semakin meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang IG secara khusus, dan tentang BIG pada umumnya. (YI/LR)