Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Bagikan Ilmu Geospasial di Kornita’s Sains Fair “Inspiring Sains”

Badan Informasi Geospasial (BIG) memiliki tugas antara lain sebagai pembina Informasi Geospasial (IG) di Indonesia, untuk itu BIG memiliki kewajiban untuk menyebarluaskan pengelolaan dan pemanfaatan IG di Indonesia agar semakin banyak orang atau perusahaan atau instansi yang dapat merasakan manfaat IG dalam pekerjaannya. Salah satu kegiatan penyebarluasan yang dilakukan BIG adalah dengan mengadakan roadshow ke sekolah-sekolah yang ada di daerah Cibinong, dan sekitarnya. Pada kesempatan kali ini, BIG mengadakan roadshow geospasial di SMA Kornita IPB pada hari Selasa, 25 Oktober 2016. Acara diselenggarakan dalam rangka Pesta Sains SMA Kornita IPB atau yang tahun 2016 ini disebut sebagai Kornita's Science Fair dengan tema "Inspiring Science".

Acara tahunan SMA Kornita IPB ini diikuti oleh berbagai sekolah yang ada di daerah Bogor dan sekitarnya, dan tahun ini berbagai lomba kembali diadakan, seperti : lomba mata pelajaran Matematika, Fisika, Biologi, IPS Terpadu, Story Telling, musikalisasi puisi, dan menggambar anime. Acara dibuka dengan penampilan tarian Saman yang dibawakan oleh siswa-siswi SMA Kornita IPB dengan apiknya. Sementara itu di lapangan sekolah telah tersedia berbagai macam pameran, seperti pameran dari BIG yang menampilkan berbagai produk BIG, mulai dari : Buku Atlas Nasional Indonesia, Buku Atlas Bandara, Buku Aplikasi Penginderaan Jauh Sistem Informasi Geografis untuk pengembangan wilayah, peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta berbagai buku lain tentang IG yang sejenis. Pada kesempatan itu BIG juga membawa rolling banner dengan tampilan berupa informasi mengenai Ina-Geoportal. Selain pameran dari BIG, lapangan SMA Kornita IPB juga diramaikan dengan berbagai pameran lain dan stand bazar yang menjual berbagai macam makanan dan minuman ringan yang bisa dinikmati seluruh peserta Kornita's Science Fair.

Dalam sambutannya, Kepala SMA Kornita IPB, Tri Heru Widarto menyampaikan salamnya kepada seluruh peserta dari 25 SMP se-Bogor Raya dan juga kepada para Guru yang telah hadir dan mendampingi siswa-sisiwinya untuk bergembira dalam acara Kornita's Sains Fair. "Acara Kornita's Sains Fair ke-3 pada tahun ini bertemakan "Inspiring Sains", mudah-mudahan kehadiran kalian disini yang mengikuti lomba serta para pelajar yang ada di SMA Kornita IPB dapat menginspirasi kita semua, bahwa negeri kita tercinta yang kaya-raya dengan sumber daya alam membutuhkan kita semua nantinya untuk mengelolanya, agar bisa mensejahterakan kita semua di masa depan nanti", tandasnya.

Heru mengungkapkan harapannya agar para peserta dapat menikmati acara yang telah disediakan dan disiapkan oleh Bapak dan Ibu Guru serta teman-teman di SMA Kornita sebaik mungkin. Heru juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah turut membantu kelancaran acara ini, termasuk Wakil Dekan FMIPA IPB, Hamim, yang membuka acara. Disampaikan terima kasih pula kepada Guru dari Jepang, Akiko dan Natzumi, dan juga 2 siswa dari Jepang yang sedang menuntut ilmu selama 1 tahun di SMA Kornita. "Mudah-mudahan pagi hari ini acara berjalan dengan lancar dan kita semua mendapatkan juara", ujar Heru menutup sambutannya.

Selain lomba-lomba, acara Kornita's Sains Fair ini juga menampilkan seminar bagi para guru-guru pendamping peserta. Seminar pada hari itu menampilkan dua sesi dengan materi yang bermanfaat bagi para peserta. Materi seminar yang pertama yaitu Pengenalan Informasi Geospasial (IG) yang disampaikan oleh Luciana Retno Prastiwi dari BIG, dan seminar sesi dua yaitu teknik belajar cepat dan efektif dengan pembicara Tri Heru Widarto, Kepala SMA Kornita IPB, serta dibuka dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Abdul Gofar.

Sebagai moderator adalah Bambang Wahyudi, salah satu guru dari SMA Kornita IPB. Pada sesi materi yang pertama, Retno membawakan materi tentang apa itu IG kepada para guru yang memang memiliki mata pelajaran Sistem Informasi Geografis dalam kurikulumnya. Dengan santai dan lugas Retno menjelaskan IG secara sederhana kepada para guru yang mungkin baru kali itu mendengar istilah IG. Tak lupa dipaparkan pula tentang BIG, serta bagaimana tugas pokok, fungsi, serta kedudukan BIG. Supaya lebih jelas, dipaparkan pula berbagai macam produk BIG, agar peserta bisa lebih memahami materinya. Di sela-sela presentasi juga diberikan kuis dan games kepada peserta sehingga mereka lebih antusias dalam mengikuti seminar dan diberikan souvenir menarik pula kepada peserta yang berhasil menjawab. BIG menyediakan berbagai macam merchandise seperti topi, bolpoint, dan buku geospasial yang menarik.

Setelah itu seminarpun dilanjutkan materi kedua oleh Tri Heru Widarto tentang teknik belajar cepat dan efektif. Pada awal materi ia mengucapkan banyak terima kasih kepada para guru dari peserta Kornita's Sains Fair dan pengunjung yang telah hadir pada seminar pada hari ini. Para peserta tak kalah antusias mengikuti materi dari Heru. Terlebih materi itu juga dibutuhkan oleh para guru dalam proses belajar-mengajar di sekolah masing-masing. Semoga melalui kegiatan ini IG dapat semakin tersebar diantara para siswa-siswi dan guru sekolah yang ada di Indonesia. Sehingga manfaatnya juga dapat semakin dirasakan oleh seluruh warga negara Indonesia. (LR)